Kamis, 16 Januari 2014

Otto Hasibuan Mundur Sebagai Pengacara Akil

JAKARTA, TRIBUNEKOMPAS.
By: Anto.

-Otto Hasibuan berencana mengundurkan diri sebagai pengacara Akil Mochtar, tersangka kasus suap sengketa beberapa pemilihan kepala daerah dan pencucian uang. “Saya mempertimbangkan untuk mundur dalam satu-dua hari ini,” kata Otto, Rabu malam, 15 Januari 2014.

Menurut Otto, Akil tidak terbuka memberikan informasi terkait kasus-kasus yang dihadapi kliennya itu di Komisi Pemberantasan Korupsi. Selain itu, Otto merasa tidak menemukan kesesuaian dengan Akil saat membicarakan pembelaannya.

“Klien harusnya berbicara yang sebenarnya kepada lawyer (pengacara) agar laywer tidak memberikan informasi yang salah kepada publik,” ujarnya. “Saya paham klien tidak bisa memberikan pengakuan, tapi kepada lawyer tidak boleh tertutup.”

Selain bersikap tertutup dan hubungan yang tak serasi, Otto mengaku mundur karena Akil diduga terlibat suap dalam sengketa pemilihan Gubernur Jawa Timur. Sementara Otto dalam sengketa tersebut sebagai pengacara Khofifah Indar Parawansa, yang mengajukan perlawanan atas hasil pemilihan Gubernur Jawa Timur ke Mahkamah Konstitusi. Putusan MK menyatakan gugatan Khofifah ditolak. “Saya harus menghormati profesi saya,” ujar Otto.

Akil sekarang menjadi tahanan KPK setelah dicokok dari rumah dinasnya ketika masih menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi, 2 Oktober 2013, atas tuduhan menerima suap. Akil ditengarai memainkan sejumlah perkara pemilihan kepala daerah, termasuk sengketa pemilihan Gubernur Jawa Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar